Keamanan Jaringan 2

Tools Dan Cara Mengetahui

A. IP Komputer Sendiri
Terkadang kita butuh informasi tentang komputer yang kita miliki yang bersangkutan dengna identitas komputer di internet, untuk itu kali ini saya akan sedikit men share cara untuk melihat IP kita senidiri, Untuk mengetahui IP address komputer banyak sekali cara yang bisa dilakukan diantaranya dengan menggunakan command prompt, melalui status local area connection atau menggunakan tool pihak ketiga lainnya. Tool windows yang kita gunakan untuk mengetahui IP address adalah command promptTips trik komputer ini bukan merupakan tips trik baru.

langkah-langkahnya:
1. Seperti pada kebanyakan tips trik komputer dan windows yang saya posting, pertama yang kita lakukan adalah membuka kotak dialog Run dengan mengklik menu start >> Run.
2. Kemudian ketik cmd dan tekan Enter untuk membuka command prompt.
3. Pada jendela command prompt ketik “ipconfig” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
4. Setelah itu akan muncul IP address komputer Anda disertai Subnetmask, Gateway dan DNS server yang Anda gunakan.

B. IP Komputer Lain
Tips ini khusus pemula, bagi yang sudah mahir silahkan baca artikel menarik lain yang lebih menarik dan lebih bermanfaat. Berawal dari pertanyaan customer kami yang menanyakan bagaimana cara mengetahui IP address yang mereka pakai saat mengakses internet di hotspot publik seperti mall, cafe, kantor pemerintah dan tempat-tempat lain yang menyediakan hotspot gratis.
Langsung saja dimulai, bagaimana cara mengetahui IP address berdasarkan operating system yang terinstall di komputer atau notebook:

Microsoft Windows XP
– Klik Start dan lanjutkan dengan klik menu Run.
– Ketik cmd kemudian tekan tombol Enter.
-Setelah jendela Command prompt muncul, ketik ipconfig -all dan lanjutkan dengan menekan tombol Enter.
-Selesai, anda bisa lihat berapa IP address yang sedang anda pakai. Pada contoh IP address perangkat tersebut adalah 192.168.2.25, subnet mask 255.255.255.0, gateway 192.168.2.7 dan menggunakan DNS server 192.168.2.7 dan 208.67.222.222 yang merupakan DNS publik milik OpenDNS.

Microsoft Windows 7
-Klik tombol Start, pada bagian form Search ketik cmd dan kemudian tekan tombol Enter.
-Sama seperti pada Windows XP, ketik ipconfig -all.
-Selesai juga, lihat berapa IP address yang sedang anda pakai.

Ubuntu Linux dan keluarganya
-Buka aplikasi terminal window.
-Ketik ifconfig kemudian tekan tombol Enter.
-Selesai, IP address di system Linux juga bisa dilihat.

Penjelasan Singkat
IP (Internet Protocol) Address adalah deretan angka yang dipakai sebagai identifikasi komputer yang terhubung dengan jaringan (termasuk jaringan internet). Panjang angka ini adalah 32-bit untuk IPv4 (IP versi 4) dan 128-bit untuk IPv6 (IP versi 6).

Subnet Mask adalah pengelompokan jaringan yang membedakan ID jaringan yang menunjukkan letak dari suatu sistem-keluarga-jaringan, apakah berada di jaringan lokal atau di jaringan luar (jaringan terluar adalah jaringan internet itu sendiri).

  • Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan jarigan yang lain dengan alokasi protokol yang berbeda. Bisa dikatakan, perangkat ini adalah jembatan yang menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan luar yang lebih besar. Sebagai contoh, lingkungan jaringan HotSpot (lokal) terhubung dengan internet (jaringan luar yang lebih besar).
  • DNS (Domain Name System) adalah sebuah system yang menyimpan informasi tentang nama domain dari sebuah website atau domain yang berada di lingkungan jaringan, bisa jaringan lokal maupun jaringan luar. DNS merupakan faktor yang penting di internet karena menyediakan mengalamatkan IP Address dari sebuah nama domain. Sebagai contoh orang akan lebih mudah menghafal fastncheap.com dari pada menghafal 202.67.11.238 yang merupakan alamat IP dari website FastNCheap.
    Cara ini tidak hanya dipergunakan pada koneksi hotspot saja melainkan pada semua jebis koneksi internet, termasuk penggunaan modem GSM maupun CDMA.

Selamat mencoba!
Read more: http://blog.fastncheap.com/cara-mengetahui-ip-address-komputer-melalui-terminal/#ixzz2MW22c22T

C. Lokasi berdasarkan IP yg digunakan
Cara Melacak Lokasi Suatu IP Address ini sebenanrnya digunakan untuk orang yang ingin mengetahui dimana letak IP Address yang dicari.Melacak Lokasi Suatu IP Address sebenarnya gampang tidak terlalu susah,sebenarnya teman – teman dapat mencari dari pencarian google dengan kata kunci Cara Melacak IP Address namun saya langsung membuatkan saja mengenai bagaimana Cara Melacak Lokasi Suatu IP Address.Cara Mengecek Lokasi Suatu IP Address
Berikut ini adalah 2 tools online yang sering saya gunakan untuk melakukan tracert IP yang mencurigakan kepada blog saya :

Mungkin sekian dulu informasi sederhana saya mengenai bagaimana Cara Melacak Lokasi Suatu IP Address,semoga dengan adanya informasi sederhana yang saya berikan ini dapatMelacak Lokasi Suatu IP Address yang ingin teman – teman cari keberadaannya. Sekian dulu informasi sederhana saya dan silahkan teman – teman mencobanya sendiri dalam melakukan sebuah tracert atau pelacakan.Sekaian informasi sederhana saya mengenai bagaimana Cara Melacak Lokasi Suatu IP Address.

D. Hide IP
Memang banyak cara menuju roma untuk menghindari blok situs pada komputer dari mengganti proxy menggunakan web online proxy tapi ternyata dari cara tersebut sudah sering diketahui dari kebanyakan. Jadi bagaimana kita menyembunyikan IP dan aman menjelajahi web secara anonim? saya akan mengatakan VPN mungkin adalah solusi terbaik dan utama untuk melewati sensor internet dengan cara yang aman.

VPN adalah singkatan dari virtual private network, yaitu jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site  secara aman. Perlu penerapan teknologi  tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic  (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic  yang tidak semestinya ke dalam remote-site. Mungkin, yang paling populer di antara semua penyedia VPN bebas adalah Hotspot Shield adalah OpenVPN berbasis privasi dan alat keamanan, digunakan untuk mengenkripsi browsing web anda ketika di hotspot publik dan untuk menghindari filter web.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakannya.
Download Hotspot Shield dan kemudian menginstal paket tersebut. Jadi, jika Anda menggunakan layanan VPN, anda dapat mengunjungi situs-situs yang telah di filter sama halnya ketika anda berada dalam jaringan terbatas atau disensor dan menggunakan VPN untuk terhubung ke jaringan tersebut. Beberapa layanan VPN populer dan gratis yang dapat membantu anda menjelajahi web sebebas mungkin tanpa khawatir tentang privasi dan masalah sensor.

Pastikan saat melakukan instalasi anda terkoneksi dengan internet Setelah selesai download tersebut lakukan instalasi pada bagian instalasi Klik Next dan jika ada jendela yang menandakan klik install setelah selesai anda akan melihat pada icon di taskbar
Klik kanan pada ikon program di taskbar untuk mengaktifkan koneksi VPN aktif atau nonaktif. Tidak perlu mendaftar atau membayar untuk layanan tersebut, tetapi Anda akan menerima iklan dan kadang-kadang terpaksa URL diredirect.

E. Numpang IP Lain
Tutorial ini sangat mudah, kita hanya membutuhkan aplikasi netcut untuk menumpang IP client yang sudah terhubung ke Wi-Fi (Wireless Fidelity). Lho kok cuma numpang?, kalo pengen full gratisannya, bayar donk ke yang punya WiFi. Tapi tenang saja, biarpun numpang tapi kita masih dapat mengakalinya agar koneksi internet kita lancar. Nah, langsung saja berikut ini langkah-langkahnya:

1. Download netcut  kemudian install.
2. Setelah proses instalasi selesai, koneksikan PC kita ke Wi-Fi (hotspot) target (securitynya mikrotik). Kalau sudah konek, kita akan mendapatkan IP Address, berbeda dengan hotspot yang keamannya wep atau wpa.
3. Lihat juga DNS Server kita. Caranya, masukkan perintah “ipconfig/all” (tanpa tanda petik) di Command Prompt (cmd).
4. Buka browser kesayangan anda, masukkan url terserah, anda akan dialihkan ke halaman login, kurang lebih seperti pada gambar.
5. Untuk membypass login tersebut, buka program netcut, kemudian klik Choice NetCard dan pilih Wireless Network Adapter anda. Pada contoh, netwok adapter yang aku gunakan Atheros AR5B97.
6. Pada halaman utama netcut, tertera daftar IP client yang terkoneksi ke jaringan wi-fi, beserta host name dan MAC Address (Physical Address). Pilih IP target, yang jelas bukan IP kita dan bukan IP Server (GateWay IP).
7. Copy IP target beserta MAC Addressnya di notepad, untuk memudahkan klik tab Print Table.
Misal, pada contoh IP target 10.10.1.57 dengan MAC Address 88:C6:63:A7:24:0E, aku pilih yang nggak ada host name nya karena biasanya korban menggunakan HP. Jadi kalau korban menggunakan HP pasti dia tidak menghabiskan bandwith.
8. Setelah itu, disconnect dulu. Ubah MAC Address kita sama seperti MAC Address target. Ingat, beda network adapter beda Property, pokoknya pada intinya pilih yang berbau Adrress, MAC dan Network. Pada contoh nama propertynya Network Address.
mengubah MAC Address dapat juga menggunakan Technitium MAC Address Changer.
9. Ubah juga IP Address kita sama seperti IP target, serta ubah DNS Server Address. Untuk mengisi DNS Server, lihat point 3.
10. Setelah IP dan MAC Address kita sudah sama seperti IP target, koneksikan kembali PC kita ke Wi-Fi tujuan dan tunggu sampai konek.

F.Ping ke komputer lain
Apa itu test Ping? Bagaimana melakukan Test Ping dari PC saya?
Test Ping adalah metode untuk melakukan tes koneksi dengan Command Prompt (Windows) untuk mengetahui kualitas koneksi jaringan dari PC anda ke jaringan ditempat lain yang telah terhubung ke PC anda baik itu melalui jaringan lokal (intranet) ataupun jaringan luas (internet).

Cara melakukan test ping dari PC anda:
1.Buka Command Prompt, Start -> Program -> Accessories -> Command Prompt atau dengan mengetik cmd dari RUN.
2. Pada Command Prompt ketik perintah ping ip address parameter (parameter diberikan sesuai keperluan). Misalnya perintah ping 203.84.136.33 -n 100
3.Tambahan parameter -n 100 yang akan menghasilkan reply sebanyak 100 kali.
4.Sebagai tambahan, parameter adalah aksesori kelengkapan perintah dari suatu perintah utama. Dalam pembahasan ini, ping mempunyai banyak parameter, diantaranya adalah -t (terus menerus), -n angka (ditentukan berdasarkan angka) dll.

  1. Jika koneksi lancar dan tidak ada gangguan maka akan muncul pesan reply
  2. Jika koneksi terputus atau ada masalah maka akan muncul pesan “Request Timed Out”.
  3. Anda juga bisa melakukan test ping langsung ke domain name (tanpa perlu mengetikkan ip addressnya) , contoh “ping yahoo.com”.

Cari Tools Untuk

A. Mengintip Data yang Mengalir Melalui Jaringan
Bagaimana cara hacking via LAN (mengintip password orang yang lagi browsing) ? Pertama-tama maaf kalau repost karena teknik ini bukanlah teknik yang fresh di dunia hacking tapi teknik ini belum basi karena sampai saat ini masih dapat digunakan karena sebagian besar jaringan meggunakan jaringan hub & switch yang tidak terenkripsi.

Mengapa tidak terenkripsi?
* Network Admin sebagian besar adalah orang IT yang specialist dalam membuat program, bukan dalam Network Security
*Bila dienkripsi bandwidth yang dibuthkan akan meningkat dan tentu inet yang sudah lemot ini akan semakin lemot dan akhirnya page error.
*Harganya tidak murah untuk memperoleh yang terenkripsi

Perbedaan antara jaringan Hub dan Switch :
*Pada jaringan hub semua data yang mengalir di jaringan dapat dilihat/diambil oleh komputer manapun yang ada di jaringan asalakan komputer tersebut merequest data tersebut, kalo tidak direquest ya tidak akan datang.
*Pada jaringan switch hanya komputer yang melakukan pertukaran data yang dapat melihat data tersebut, komputer2 lain tidak berhak merequest data tersebut. Masalahnya adalah harga dari router hub dan switch tidak berbeda jauh sehingga kebanyakan tempat sekarang sudah menggunakan metode switch yang menyulitkan untuk network hacking.

Hacking ini menggunakan teknik:
1. Sniffing
2. ARP Poison Routing
Kedua Teknik di atas tidak akan bisa dicegah oleh firewall apapun di komputer korban, dijamin.
Important Note: ARP Poison Routing dapat meyebabkan denial of service (dos) pada salah satu / semua komputer pada network anda.

Kelebihan:

  • Tidak akan terdeteksi oleh firewall tipe dan seri apapun karena kelemahannya terletak pada sistem jaringan bukan pada komputernya.
  • Bisa mencuri semua jenis login password yang melalui server HTTP.
  • Bisa mencuri semua login password orang yang ada di jaringan Hub selama program diaktifkan.
  • Untuk ARP Poisoning bisa digunakan untuk mencuri password di HTTPS.
  • Semua programnya free

Kekurangan:

  • Untuk jaringan Switch harus di ARP poisoning 1 persatu dan bandwidth anda akan termakan banyak untuk hal itu (kalo inet super cepat tidak masalah).
  • Ketahuan / tidak oleh admin jaringan di luar tanggung jawab saya

Mulai dari sini anggap bahwa di network dalam kasus ini ada 3 komputer, yaitu:
1. Komputer Korban
2. Komputer Hacker
3. Server

Perbedaan-perbedaan antara jaringan Switch dan jaringan Hub :
Langkah-langkah pertama:

  1. Cek tipe jaringan anda, anda ada di jaringan switch / hub. Jika anda berada di jaringan hub bersyukurlah karena proses hacking anda akan jauh lebih mudah.
  2. Download program-program yang dibutuhkan yaitu Wireshark dan Cain&Abel.

Cara Menggunakan WireShark:
1. Jalankan program Wireshark
2. Tekan tombol Ctrl+k (klik capture lalu option)
3. Pastikan isi pada Interfacenya adalah Ethernet Card anda yang menuju ke jaringan, bila bukan ganti dan pastikan pula bahwa “Capture packets in promiscuous mode” on
4. Klik tombol start
5. Klik tombol stop setelah anda merasa yakin bahwa ada password yang masuk selama anda menekan tombol start
6Anda bisa melihat semua jenis packet yang masuk dan keluar di jaringan (atau pada komputer anda saja jika network anda menggunakan Swtich

Dari cara di atas anda dapat mengetahui bahwa jaringan anda adalah hub/switch dengan melihat pada kolom IP Source dan IP Destination. Bila pada setiap baris salah satu dari keduanya merupakan ip anda maka dapat dipastikan jaringan anda adalah jaringan switch, bila tidak ya berarti sebaliknya.

Cara Menggunakan Cain & Abel :
Penggunaan program ini jauh lebih mudah dan simple daripada menggunakan Wireshark, tetapi bila anda menginginkan semua packet yang sudah keluar dan masuk disarankan anda menggunakan program Wireshark

      1. Buka program Cain & Abel anda
      2. Klik pada bagian configure
      3. Pada bagian “Sniffer” pilih ethernet card yang akan anda gunakan
      4. Pada bagian “HTTP Fields” anda harus menambahkan username fields dan password fields nya apabila yang anda inginkan tidak ada di daftar.
        Sebagai contoh saya akan beritahukan bahwa jika anda ingin hack password Friendster anda harus menambahkan di username fields dan passworsd fields kata name, untuk yang lain anda bisa mencarinya dengan menekan klik kanan view source dan anda harus mencari variabel input dari login dan password website tersebut.
      5. Setelah itu apply settingannya dan klik ok
      6. Di menu utama terdapat 8 tab, dan yang akan dibahas hanya 1 tab yaitu tab “Sniffer” karena itu pilih lah tab tersebut dan jangan pindah dari tab tersebut untuk mencegah kebingungan anda sendiri
      7. Aktifkan Sniffer dengan cara klik tombol sniffer yang ada di atas tab-tab tersebut, carilah tombol yang tulisannya “Start/Stop Sniffer”
      8. Bila anda berada pada jaringan Hub saat ini anda sudah bisa mengetahui password yang masuk dengan cara klik tab (Kali ini tab yang ada di bawah bukan yang di tengah, yang ditengah sudah tidak usah diklik-klik lagi) “Passwords”
      9. Anda tinggal memilih password dari koneksi mana yang ingin anda lihat akan sudah terdaftar di sana
      10. Bila anda ternyata ada di jaringan switch, ini membutuhkan perjuangan lebih, anda harus mengaktifkan APR yang tombolonya ada di sebelah kanan Sniffer (Dan ini tidak dijamin berhasil karena manage dari switch jauh lebih lengkap & secure daripada hub)
      11. Sebelum diaktifkan pada tab sniffer yang bagian bawah pilih APR
      12. Akan terlihat 2 buah list yang masih kosong, klik list kosong bagian atas kemudian klik tombol “+” (bentuknya seperti itu) yang ada di jajaran tombol sniffer APR, dll
      13. Akan ada 2 buah field yang berisi semua host yang ada pada jaringan anda
      14. Hubungkan antara alamat ip korban dan alamat ip gateway server (untuk mengetahui alamat gateway server klik start pada komputer anda pilih run ketik cmd lalu ketik ipconfig pada command prompt)
      15. Setelah itu baru aktifkan APR, dan semua data dari komputer korban ke server dapat anda lihat dengan cara yang sama.

Anda dapat menjalankan kedua program di atas secara bersamaan (Cain untuk APR dan wireshark untuk packet sniffing) bila ingin hasil yang lebih maksimal. Password yang bisa anda curi adalah password yang ada di server HTTP (server yang tidak terenkripsi), bila data tersebut ada di server yang terenkripsi maka anda harus mendekripsi data tersebut sebelum memperoleh passwordnya (dan itu akan membutuhkan langkah-langkah yang jauh lebih panjang dari cara yang telah dijelaskan di atas)

Untuk istilah-istilah yang tidak Anda mengerti bisa Anda cari di Wikipedia.

Baca Selengkapnya di: http://ahmadyusufdenasri.blogspot.com/2012/05/mengintip-password-dalam-satu-jaringan.html#ixzz2MW3s5x5x

B. Remote Komputer Lain
Ada kalanya teman atau keluarga kita butuh bantuan kita untuk memperbaiki komputer/laptopnya yang sedang error, tapi teman kita tersebut berada di suatu tempat yang cukup jauh untuk kita temui. Jika komputer teman kita tersebut masih terhubung dengan jaringan lokal (LAN) ataupun Internet maka kita masih dapat membantunya tanpa harus menemuinya. Kita bisa melakukan kendali di komputernya dari komputer kita dengan fasilitas Remote Desktop.

Kita bisa mengendalikan/mengontrol sebuah komputer dari komputer dari komputer yang lain dalam lingkungan jaringan komputer lokal / Local Area Networ (LAN) maupun lewat jaringan Internet.

Syarat utama untuk bisa mengendalikan komputer lain adalah masing-masing harus komputer terinstal software client dan server. Software untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh ini disebut dengan aplikasi Remote Desktop. Pada sistem operasi Microsoft mulai dari Microsoft Windows XP, aplikasi Remote Desktop sudah otomatis terinstal pada saat kita menginstal Windows XP tersebut. Namun untuk bisa menjalankannya kita harus melakukan setting terlebih dahulu. Untuk menjalankan Remote Desktop, minimal kita butuhkan 2 komputer (PC) yang terinstal aplikasi Remote Desktop. Cara melakukan settingnya adalah sebagai berikut. Untuk memudahkan kita memahami cara setting dan koneksi Remote Desktop, maka saya akan memberina masing2 komputer adalah sebagai berikut:
* Klik kanan My Computer dan pilih Properties. klik tab Remote kemudian beri tanda silang/checklist pada tulisan Allow users to connect remotely to this computer. Kemudian klik OK.
*Buka setting Windows Firewall, caranya klik Start > Control Panel > Windows Firewall, kemudian klik tab Exceptipns dan beri tanda checklist pada tulisan Remote Desktop. Dan yang terakhir pastikan komputer ini memiliki Password Administrator, jika belum ada cara membuatnya adalah klik Start > Control Panel > User Accounts, kemudian klik nama Useryang memiliki status sebagai Computer Administrator. Klik tulisan Create a password, kemudian masukkan password yang kamu inginkan dan masukkan lagi password yang sama di bawahnya dan klik Create Password. Jika ada pertanyaan Do you want to make your files and folders private? klik tombol Yes, Make Private.

Catat IP address komputer ini, caranya klik lambang Internet Connection/Local Area Connection di pojok kanan bawah kemudian klik tab Support dan catat IP Address komputer ini. Catat User Name komputer ini caranya klik Start maka user name akan terlihat pada sisi paling atas Start Menu ini jika Start Menu yang kamu gunakan adalah bukan Classic Start Menu. Setting di komputer SERVER telah selesai, sekarang kamu sudah bisa melakukan koneksi Remote Desktop dari komputer kamu (CLIENT.

Cara Melakukan koneksi Remote Desktop dari komputer CLIENT
* Jalankan aplikasi Remote Desktop Connection, caranya klik Start > All Programs > Accessories > Communications > Remote Desktop Connection
* Klik tombol Options >>, masukkan hHstname/alamat IP komputer tujuan, User name dan password komputer tujuan. Misalnya seperti pada gambar di bawah ini, kemudian klik tombol Connect. Jika berhasil, di layar kamu akan tampil desktop yang sama dengan komputer tujuan kamu. Sekarang dari sini kamu sudah bisa melakukan kontrol apa saja dengan menggunakan mouse dan keyboard kamu.
Selain aplikasi Remote Desktop, ada aplikasi lain yang bisa menjadi alternatif pilihan dengan fitur yang lebih dari sekedar Remote Desktop dan dengan kecepatan yang lebih baik, misalnya Remote Administrator (Radmin) dan Virtual Network Connection (VNC).

Catatan:
Jika komputer tujuan menggunakan koneksi Speedy, maka kamu harus melakukan setting Port Forwarding pada modem ADSL yang digunakan oleh komputer SERVER. Cara setting Port Forwarding tergantung dari merk modem ADSL masing-masing, untuk petunjuknya kamu bisa melihat di http://www.portforward.com sebagai bahan referensi. Cari petunjuk yang sesuai dengan merk dan tipe modem ADSL kamu.

Pada saat terjadi koneksi Remote Desktop, di komputer server tidak bisa melakukan aktifitas karena komputer server akan berada pada posisi Log off. Ini akan berbeda jika kamu menggunakan software lain seperti Radmin dan VNC.

thanks : http://feiaja.blogspot.com

C. Menguasai Komputer Lain
Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai bagaimana cara seseorang yang ingin mencoba menerobos masuk ke komputer orang lain melalui DOS(Windows XP/2000).Hal yang pertama kita lakukan adalah kita harus tahu dulu alamat IP address/Host Name/Computer name target/korban:

berikut langkah-langkah nya:
1. Melacak alamat IP suatu situs Untuk mengetahui alamat IP suatu situs, kita dapat melakukan PING terhadap situs tersebut. Caranya: Masuk ke command Prompt dan ketikan PING WWW.SITUS-YANG-DILACAK.COM lalu tekan enter. Maka akan muncul alamat Ip situs tersebut.
2. Melacak Lokasi server (real address) suatu situs Kita dapat melacak lokasi server suatu situs hanya dengan mengetahui alamat situsnya saja. Coba anda bukawww.domainwhitepages.com Tinggal masukkan IP address situs tadi atau masukkan alamat situsnya dan anda akan mendapatkan info lengkap tentang server dari situs tersebut diantaranya adalah lokasi negara dan kota.
3. Melacak IP address lawan chatting kita Saat kita menggunakan Yahoo messenger, sebenarnya kita bisa mengetahui alamat IP dari lawan chatting kita. Caranya: :: Kirimkan suatu file pada lawan chat kita. :: Lalu masuklah ke Command Prompt (MSDOS) danketikkan NETSTAT -N lalu tekan enter, maka alamat IP lawan chatting anda (yang telah anda kirimi file tadi) akan muncul beserta port yang digunakan untuk pengiriman file. :: Untuk mengetahui lokasi lawan chatting anda (real address) seperti ia berada di kampus atau di warnet mana, tinggal anda chek di www.domainwhitepages.com dengan mempergunakan alamat IP yang anda dapatkan.

KaHT (KaHt.exe) … Download program hacker

KaHT Berfungsi sebagai program untuk menerobos ke computer server atau client
Ingat hanya dengan 2 program diatas maka anda bersiap-siaplah menguasai
warnet / kampus / kantor dan sebagainya, lho bagaimana bisa ? hehe
Pertama kali anda periksa dahulu jaringan anda dengan melihat para hostname
dengan 2 cara.
Ingat hanya dengan 2 program diatas maka anda bersiap-siaplah menguasai warnet / kampus / kantor dan sebagainya, lho bagaimana bisa ? hehe Setelah 2 program diatas di download maka ekstractlah dahulu program tersebut, entah pake WINZIP atau pake apa. Kalo udah di extract lalu pertama kali anda periksa dahulu jaringan anda dengan melihat para hostname dengan 2 cara.
Untuk Windows XP
Cara Pertama Masuk ke Start Lalu Search, lalu pilih computers or people lalu pilih A computer on the Network lalu langsung klik search maka akan segera muncul computer-komputer yang terkoneksi dalam jaringan. Untuk Windows 95/98/Me/2000 (kalau anda menemukan open port 135 di OS ini)Cara Pertama Masuk ke Start Lalu Search Lalu For Files or Folders lalu pada menu Search for other item pilihlah computers, lalu akan muncul Search for computer, maka langsung klik Search Now maka nama-nama computer akan muncul (Alternatif cara yang cepat dapat mengklik My Network Place / Network
Neighboure saja) Setelah loe dapetin sasaran computer yang mau di masukin / diremote maka
loe langsung aja jalankan program Internet Maniac Masuklah ke Host Lookup lalu ketikkan nama computer / hostname lalu klik resolve, disini anda akan mendapat alamat ip computer tersebut. Dengan nomor ip ini maka anda sudah mengetahui sasaran computer yang akan di masuki. Setelah itu selesai maka kita tinggalkan program Internet Maniac, kita akan berlanjut dengan program KaHT, program ini akan didetect sebagai Trojan oleh antivirus, tapi abaikan saja, jangan di hapus / di karantina kalau
terdetect, kalau perlu del aja antivirusnya, satu lagi, program KaHT bekerja dalam MS-DOS Mode jadi disini kemampuan anda menggunakan DOS sangat penting, tanpa kemampuan DOS maka anda tidak akan bisa banyak berbuat.
Cara masuk DOS Mode
Untuk Windows XP :
Masuklah ke Start, All programs, Accessories lalu Command Prompt. Untuk Windows 95/98/Me/NT/2000 Masuklah ke Start, Programs, Accessories lalu MS-DOS Prompt
Setelah berhasil masuk DOS maka masuklah di directory program KaHT, masa seh bisa lupa tadi program diextract dimana, hehe, (Misal tadi di extract di
C:\KaH) maka ketikkan “CD\KaHT” dan seterusnya.
Jika sudah, ini saatnya?
Ketikkan “KaHT sebelum_no_ip_komputer_sasaran no_ip_komputer_sasaran.
kalau bingung bisa begini : “KaHT Ip1 ip2″
ip1 : ip awal yang discan
ip2 : ip terahkir yang discan Misalnya tadi ip-nya 192.168.0.1 setelah di detect pakek Internet Maniac
tadi itu lho. Maka ketikkan saja “KaHT 192.168.0.0 192.168.0.1″ lalu enter aja Nah disini nanti program akan bekerja otomatis. Setelah selesai menscan jika nanti port 135 ternyata dalam keadaan open maka
anda akan otomatis di computer tujuan / sasaran, untuk lebih persisnya anda akan berada di “c:\windows\system” milik komputer tujuan / sasaran setelah pen-scan-an selesai.
Anda bisa bebas di computer sasaran, mau edit atau di delete pun bisa, hehe Nah kalo udah begini kita bisa berkreasi : Pingin biaya warnet kita lebih murah ? gampang masuk aja di billing server,
ketik Time, ganti aja waktunya, tapi jangan banyak-banyak apalagi minus nanti ketahuan ama operator warnetnya, hehe. Memata-matai anak yang sedang chatting pakek MiRC di satu warnet / kampus /
kantor / lainnya, cari program MiRC yang digunakan dalam computer tersebut,
biasanya seh di C:\Program Files\MiRC, buka file MiRC.INI, lalu Log IRC di
On kan saja dan kalo mau lihat isi chattingan teman kita itu cukup lewat “/logs” maksudnya kalau tadi di C:\program Files\MiRC program MiRCnya maka cukup masuk aja di C:\Program Files\MiRC\Logs nanti disitu ada file-file log hasil chattingan dia walaupun dia sedang online tetep aja terekam, hehe,
kalo mau mastiin dia makek nick apa, gampang banget bisa jalanin aja MiRCnya atau periksa di MiRC.INI, gampangkan. Apalagi nih, Bikin computer itu rusak, lebih baik jangan, tapi sebenere bisa
lho, delete aja file-file systemnya, hehe. Diatas cuman kreasi dikit aja, loe bisa aja memanfaatkannya jauh lebih bermanfaat dari pada diatas Tujuan dari tutorial ini untuk anda yang sering menggunakan komputer dengan Windows 2000 dan XP dijaringan agar lebih waspada terhadap berbagai tindakan
usil dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.. 5.Membuat akses administrator Windows untuk kita lewat komputer lain Kita ingin membuat administrator Windows XP/2000 di komputer lain melalui
LAN ? sangat mudah, caranya masuklah ke komputer tujuan dengan program kaht yang sudah diajarkan diatas, lalu kita akan mencoba beberapa trik. Melihat akses guest dan administrator di Windows
Ketik : net user
Melihat aktif tidaknya guest di Windows
Ketik : net user guest
Membuat akses guest menjadi Administrator dengan perintah :
Ketik : net localgroup Administrators Guest /add
Membuat akses adminstrator sendiri :
1. Ketik : net user /add
2. Ketik : net localgroup Administrators /add
Menghapus akses administrator
Ketik : net localgroup Users /delete

3.Jelaskan Secara Detail Tentang

3. Jelaskan Secara Detail Tentang:
 A. SQL Injection
 B. DOS(Disk Operating System)
 C. Social Enginering
 D. Deface

A.SQL Injection:
Sebuah teknik yang menyalahgunakan sebuah celah keamanan yang terjadi dalam lapisan basis data sebuah aplikasi. Celah ini terjadi ketika masukan pengguna tidak disaring secara benar dari karakter-karakter pelolos bentukan string yang diimbuhkan dalam pernyataanSQL atau masukan pengguna tidak bertipe kuat dan karenanya dijalankan tidak sesuai harapan. Ini sebenarnya adalah sebuah contoh dari sebuah kategori celah keamanan yang lebih umum yang dapat terjadi setiap kali sebuah bahasa pemrograman atau skrip diimbuhkan di dalam bahasa yang lain.

B. DOS (Disk Operating System)
Dos (Disk Operating System ) adalah sistem operasi berbasis teks yang dikeluarkan microsoft sebelum windows atau dapat dikatakan sebagai sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada dekade tahun 1980-an. untuk fasilitas booting komputer dan menjalankan beberapa aplikasi software, misalnya WS dan Lotus. Fungsi DOS yang digunakan pada zaman sekarang adalah penggunaan dalam menyelesaikan beberapa troubleshooting pada hardware komputer. Walaupun bisa juga dilakukan pada sistem operasi berbasis GUI. Sama seperti Terminal di Linux, DOS memiliki daftar perintah berbasis teks yang harus diketik di Console DOS atau lazim disebut Command Prompt. Mengetahui penggunaan perintah DOS adalah pengetahuan tersendiri yang perlu dipahami oleh administrator jaringan berbasis windows. Anda akan lebih mudah menguasai NetBios Hacking atau remote komputer berbasis console di windows dengan mengetahui perintah- perintah DOS.

Berikut ini fungsi-fungsi DOS :
·   Menyelesaikan beberapa troubleshooting pada hardware komputer.
·   Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan computer
·   Mengatur memori
·   Mengatur proses input dan output data
·   Management file
·   Management directory
Keluarga DOS terbagi menjadi bebrapa kelas, yakni :
1. MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), termasuk di antaranya adalah Tandy DOS,   Compaq DOS, Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) dan beberapa klon dari sistem operasi MS-DOS yang dijual kepada para pembuat sistem komputer IBM PC/Compatible.
2.IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating System), yang meskipun masih buatan Microsoft, diubah sedikit-sedikit untuk dapat digunakan oleh komputer IBM PC.
3.DR-DOS (Digital Research Disk Operating System), yang dibuat oleh pembuat sistem operasi CP/M, Gary Kildall.
4.Novell Personal Netware, merupakan versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena perusahaan yang menaungi CP/M mengalami kebangkrutan (Novell mengakuisisi Digital Research Incorporated).
5.Caldera DOS, merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera Corporation.
6.FreeDOS, merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source

C. Social engineering adalah pemerolehan informasi atau maklumat rahasia/sensitif dengan cara menipu pemilik informasi tersebut. Social engineering umumnya dilakukan melalui telepon atauInternet. Social engineering merupakan salah satu metode yang digunakan oleh hacker untuk memperoleh informasi tentang targetnya, dengan cara meminta informasi itu langsung kepada korban atau pihak lain yang mempunyai informasi itu.

Social engineering mengkonsentrasikan diri pada rantai terlemah sistem jaringan komputer, yaitu manusia. Seperti kita tahu, tidak ada sistem komputer yang tidak melibatkan interaksi manusia. Dan parahnya lagi, celah keamanan ini bersifat universal, tidak tergantung platform, sistem operasi, protokol, software ataupun hardware. Artinya, setiap sistem mempunyai kelemahan yang sama pada faktor manusia. Setiap orang yang mempunyai akses kedalam sistem secara fisik adalah ancaman, bahkan jika orang tersebut tidak termasuk dalam kebijakan kemanan yang telah disusun. Seperti metoda hacking yang lain, social engineering juga memerlukan persiapan, bahkan sebagian besar pekerjaan meliputi persiapan itu sendiri.

D.Deface adalah kegiatan mengubah halaman situs/website pihak lain, seperti yang terjadi pada situs Menkominfo dan Partai Golkar, BI baru-baru ini dan situs KPU saat pemilu 2004 lalu. Tindakan deface ada yang semata-mata iseng, unjuk kebolehan, pamer kemampuan membuat program, tapi ada juga yang jahat, untuk mencuri data dan di jual kepada pihak lain.

Aside | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s